Rin's Kitchen

TAK HANYA ENAK DIJADIKAN OLAHAN BERBAGAI MAKANAN, INI DIA MANFAAT UBI JALAR UNTUK KESEHATAN TUBUH

Bismillah 💖

MANFAAT UBI JALAR BAGI KESEHATAN TUBUH

Ubi jalar atau ketela rambat adalah sejenis tanaman budidaya yang dimanfaatkan umbinya untuk dikonsumsi menjadi berbagai olahan. Ubi jalar dapat direbus, dikukus, digoreng, dibakar atau diolah menjadi kolak dan panganan lainnya. Rasanya yang sudah manis, bisa direbus atau dikukus begitu saja dan langsung dapat dikonsumsi sebagai cemilan yang sehat. 


Ubi jalar atau ketela rambat mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya ialah sebagai berikut:

1.  Menjaga Kesehatan Mata dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Ubi jalar sangat kaya akan beta karoten yang memberikan warna orange / jingga pada tumbuhan dan buah-buahan. Beta Karoten diubah menjadi Vitamin A didalam tubuh, yang banyak berperan dalam pembentukan indra penglihatan bagi manusia. Vitamin ini membantu mengkonversi sinyak molekul dari sinar yang diterima oleh retina.untuk menjadi satu proyeksi gambardi otak. Kekurangan Vitamin A dapat berakibat fatal bagi organ penglihatan. Vitamin A juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.  

2. Meningkatkan Fungsi Otak, didalam ubi jalar mengandung Antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan didalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit penyumbatan pembuluh darah, meningkatkan kemampuan memori otak dan mencegah penyakit neurologis.

3. Makanan Kaya Serat Pangan, Ubi jalar kaya akan serat yang dapat membantu pencernaan yang baik dan mengurangi resiko kanker usus. Selain itu serat juga dapat menstabilkan kadar gula dalam darah karena mengurangi tingkat glukosa dan insulin bagi para pasien diabetes dan menurunkan resiko terkena diabetes. Serat juga bermanfaat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. 
 
Begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari mengkonsumsi ubi jalar / ubi rambat ini. Mungkin kalian bisa menambahkannya kedalam daftar menu hidangan sehari-hari dirumah.

Sekian artikel tentang MANFAAT UBI JALAR UNTUK KESEHATAN TUBUH, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kudapan sehat yang simpel dirumah.

No comments:

Powered by Blogger.