Rin's Kitchen

SIAPA TAK KENAL BUAH YANG SATU INI. BUAH RAMBUTAN MANIS DAN MENYEGARKAN

Bismillah 💖 

BUAH RAMBUTAN YANG MANIS DAN MENYEGARKAN

Buah Rambutan merupakan buah tanaman tropis yang termasuk kedalam suku lerak-lerakan. Kata  Rambutan berasal dari bahasa Indonesia yang berakar dari kata "Rambut" karena bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Buah Rambutan ada yang manis dan ada yang asam tergantung dengan jenisnya.  


Buah Rambutan tak hanya manis dan memiliki kandungan air yang banyak, tetapi buah rambutan juga  memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Berikut ini beberapa manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah rambutan :
1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan, Buah rambutan juga merupakan salah satu buah yang banyak mengandung serat. Dimana kita ketahui bahwa serat pangan dapat membantu pencernaan yang baik dan mengurangi resiko terkena kanker usus. Karena mengandung banyak serat, buah rambutan juga bisa membuat kenyang lebih lama. 

2. Sebagai Antioksidan, buah rambutan memiliki banyak vitamin C dimana vitamin ini memiliki banyak khasiat diantaranya untuk mejaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan dan jaringan lain ditubuh manusia. Vitamin C juga berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran. Sebagai antioksidan, vitamin C mampu menetralkan radikan bebas diseluruh tubuh.

3.  Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi, buah rambutan memiliki kandungan kalsium didalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. 

Jika bunda ingin menikmati buah rambutan yang beda,bisa juga dibuat asinan rambutan yang seger dan pedes bikin melek. Bunda cukup mengupas buah rambutan dan membelahnya menjadi dua lalu buang bijinya.

Siapkan cabe keriting, buang bijinya lalu tambahkan cabe rawit sesuai selera kepedasannya. Ulek kasar lombok dengan garam dan gula pasir, lalu masukkan kedalam air untuk kuah asinan. Rebus sampai mendidih lalu dinginkan (direbus agar tidak berbau langu) Jika sudah dingin bisa dituang kedalam wadah yang bersisi rambutan yang sudah dipotong dan dibuang bijinya tadi. Beri perasan jeruk limau dan aduk-aduk sampai rata. Simpan dalam lemari es sampai dingin, lalu bisa dikonsumsi disiang hari biar tambah seger.

Nah demikin artikel mengenai BUAH RAMBUTAN MANIS DAN MENYEGARKAN, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.




No comments:

Powered by Blogger.